Nama Gunung di Indonesia Yang Mendunia

Posted by Unknown on 08.37

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Selain itu, indonesia juga terletak di Ring of Fire atau lingkaran api pasifik yang membentang dari selandia baru, Indonesia, Filipina, Jepang, hingga ke amerika utara dan selatan. Hal ini dikarenakan di Indonesia terdapat banyak gunung berapi yan masih aktif. 

Beberapa nama gunung di Indonesia sudah cukup terkenal reputasinya di dunia, salah satunya yaitu gunung Tambora serta gunung  krakatau dengan ledakan hebatnya di masa lampau.

Nama-Gunung-di-Indonesia

Nama Gunung di Indonesia Dengan Ledakan Dahsyat

Ada beberapa nama gunung di Indonesia yang terkenal sampai belahan dunia lain karena kedahsyatan ledakannya yang pernah terjadi. Kedua gunung tersebut yaitu gunung tambora serta gunnung krakatau. 

1. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat, pulau Sumbawa, Indonesia. Gunung ini terletak di Kabuapaten Bima dan Kabupaten Dompu. Pada tahun 1815 gunung Tambora meletus dan mengeluarkan 1,7 juta ton abu yang menyelimuti atmosfer cukup lama hingga menyebabkan tahun 1816 menjadi tahun tanpa musim panas karena selimut abu yang menahan dan memantulkan kembali sinar matahari. 

Ledakan tambora meruoakan yang terbesar sepanjang sejarah modern karena mencapai skala 7, sedangkan erupsi merapi yang sering terjadi hanya mencapai skala 4.

2. Gunung Krakatau
Gunung Krakatau adalah gunung yag terletak di selat sunda, berada diantara pulau jawa dan sumatera. Letusan terdahsyat gunung krakatau terjadi pada tanggal 26-27 agustus 1883 hingga menyebabkan terjadinya awan panas dan tsunami hingga menyebabkan 36.417 jiwa meninggal dunia. 

Daya ledak gunung krakatau ini diperkirakan 30.000 kali lebih dahsyat dari bm atom Hiroshima-Nagasaki pada perang dunia II dan membuat salah satu nama gunung di Indonesia ini menjadi terkenal dan difilmkan.


Itulah dua nama gunung di Indonesia dengan ledakan terdahsyat sepanjang masa hingga menyebabkan uluhan ribu korban jiwa melayang dan melambungkan nama dua gunung tersebut di dunia.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.37