Misteri Gunung Merapi - Keraton Merapi

Posted by Unknown on 08.00

Gunung merapi adalah gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah dan DIY. Wilayahnya mencakupi kabupaten Magelang, kabupaten Sleman, kabupaten Boyolali, serta kabupaten Klaten. Tak hanya erupsi yang mengerikan, misteri gunung merapi juga menyimpan berbagai cerita mistis yang sudah banyak diketahui oleh warga Jawa Tengah dan DIY tentunya. 

Misteri-Gunung-Merapi

Gunung merapi memiliki ketinggian mencapai 2.968 m dpl dan letusannya bersifat eksplosif serta intensitasnya cukup sering sehingga menjadikan gunung merapi sebagai salah satu gunung berapi teraktif di dunia.

Misteri Gunung Merapi

Gunung merapi adalah gunung yang sangat terkenal di Indonesia, hal ini tak lain karena gunung merapi adalah salah satu gunung yang sering menampakkan aktivitas vulkaniknya. Selain karena aktivitas vulkaniknya, misteri gunung merapi juga merupakan salah satu hal yang membuat gunung ini banyak dikenal. Ada berbagai mitos dan misteri gunung merapi yang diketahui orang banyak. 

Gunung merapi adalah gunung yang disebut-sebut sebagai pusat kerajaan jin di Indonesia. banyak misteri yang melingkupi gunung ini, salah satunya yaitu keberadaan Pasar Bubrah. Pasar Bubrah adalah sebuah lokasi dataran yang cukup luas dan gersang di jalur pendakian selo. Letaknya kurang lebih 1,5 km sebelum puncak garuda sehingga menjadi tempat favorit bagi pendaki untuk mendirikan tenda dan beristirahat sebelum melakukan summit attack. 


Saat malam hari, seringkali terdengar suara riuh yang disebabkan oleh pergesekan angin dengan daratan sehingga suaranya terdengar riuh seperti jual beli di pasar, dan terkadang terdegar seperti suara gamelan dan gending jawa. Selain itu, sebagian pendaki juga pernah mengaku melihat berbagai sosok makhluk berpakaian khas keraton dan wanita berambut panjang. 

Selain pasar bubrah, misteri gunung merapi yang lain yang dipercaya masyarakat yaitu adanya keraton merapi yang dihuni dan pemerintahannya dikendalikan oleh golongan jin. Adanya akeraton merapi ini ini dipercaya berkaitan erat dengan kerajaan Mataram di Yogyakarta. 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.00