Gunung Batur, Gunung dengan Kaldera Terindah

Posted by Unknown on 09.00

Gunung batur merupakan salah satu gunung yang terletak di pulau bali, tepatnya di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Ketinggian gunung batur tidak terlalu menjulang, hanya sekitar 1.717 m dpl, akan tetapi gunung ini merupakan salah satu gunung dengan kaldera terbesar di dunia. Kaldera yang dimiliki gunung batur memiliki ukuran 13,8 x 10 km. 

Gunung-Batur

Potensi Wisata Gunung Batur

1. Pendakian Gunung Batur
Gunung batur merupakan sebuah gunung yang tidak terlalu tinggi. Medan yang harus ditempuh juga tidak terlampau sulit sehingga pendakian gunung batur menjadi sebuah wisata yang tidak sulit untuk dilakukan. Pendakian gunung batur cocok bagi pemula yang belum terbiasa dengan pendakian. 

2. Danau Batur
Danau Batur merupakan sebuah danau yang terletak di kawasan gunung batur. Air yang muncul di danau ini dialirkan dalam tanah ke beberapa tempat sehingga sering disebut mata air.  


3. Makam Desa Trunyan
Ada hal unik di kawasan gunung batur, yaitu makam desa Trunyan. Makam desa Trunyan merupakan sebuah makam yang berbeda dengan makam-makam yang lain. Sebenarnya nama makamnya bukan Trunyan, Trunyan merupakan nama desa tempat makam ini berada. 

Nama makamnya adalah makam kuban. Jenazah tidak dikubur maupun dibakar di tempat ini, akan tetapi hanya didiamkan di bawah pohon. Tempat pemakaman ini dipenuhi dengan tulang yang berserakan, jika beruntung memungkinkan bagi pengunjung untuk mendapati jenazah yang masih baru dan belum membusuk.

4. Kaldera Gunung Batur
Kaldera gunung batur resmi ditetapkan sebagai salah satu Global Geopark Network oleh UNESCO. Kaldera gunung batur diusulkan masuk GGN bersama Danau Toba, Gunung Rinjani, Karst Sewu, Raja Ampat, serta Merangin.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 09.00