Mendaki Gunung Bukan Sebatas Mencapai Puncak

Posted by Unknown on 16.57

Mendaki gunung adalah kegiatan di alam yang dilakukan dengan jalan mendaki sebuah gunung. Mendaki gunung akhir-akhir ini banyak dilakukan oleh banyak kalangan di Indonesia. baik laki-laki, perempuan, anak kecil, maupun dewasa banyak yang tergila-gila untuk mendaki gunung. Bagi sebagian orang, mendaki gunung adalah suatu hal yang menyenangkan, namun tidak bagi sebagian orang yang lain.

Mendaki-Gunung

Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi anda yang akan melakukan aktivitas mendaki gunung, diantaranya yaitu :
  • Merencanakan pendakian dengan matang. Pastikan anda memperkirakan lokasi, rute, cuaca, dan estimasi waktu yang akan ditempuh. 
  • Satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu dengan mempersiapkan kondisi fisik dan mental. 
  • Hal lain yang tidak boleh disepelakan yaitu tentang peralatan. Siapkanlah peralatan yang memiliki fungsi dasar dalam pendakian, dan tinggalkan peralatan yang kurang menunjang pendakian. 
  • Membawa makanan dan minuman yang cukup selama estimasi waktu yang diperkirakan
  • Melapor pada pos pendakian.
  • Menjaga alam, bukan malah merusaknya. 


Beberapa hal yang dapat dipetik dari mendaki gunung yaitu :

1. Melatih Kesabaran
Dalam mendaki gunung, pasti ada banyak rintangan yang harus dilalui sebelum mencapai puncak. Hal ini mengajrkan pada kita bahwa dengan kesabaran, maka kita akan mendapatkan apa yang diinginkan jika disertai dengan usaha yang keras.

2. Memahami Paradigma Kehidupan
Rintangan akan selalu ada saat mendaki sebuah gunung, mulai dari rasa lelah, lapar, haus, egois, cuaca buruk, dll. akan tetapi hal-hal tadi tidak menyurutkan semangat untuk mencapai puncak. Hal ini menggambarkan bahwa dalam hidup ada banyak cobaan namun kita tetap ingin mencapai puncak, seperti puncak karir, puncak prestasi, dll.

3. Mengajarkan Kerjasama Tim, Gotong Royong, dan Tolong Menolong
Dalam mendaki gunung, akan semakin terasa semangat kerjasam tim, gotong royong, dan rasa tolong menolong karena jika beberapa hal tersebut tidak dipraktikkan maka mustahil akan menggapai puncak dengan mudah.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 16.57