Gunung Semeru, Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Posted by Aji Tamara on 12.30

Gunung semeru adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung semeru dikenal dengan nama puncak mahameru, puncak ini adalah puncak yang sangat didambakan para pendaki di pulau jawa. Gunung semeru menjadi sangat terkenal sejak diangkat sebagai sebuah film pada tahun 2013. Sejak saat itu, ribuan orang berbondong-bodong ingin mencapai puncak mahameru, atau sekadar mencari ketenangan di Ranu Kumbolo.

Taman Nasional

Taman-Nasional-Gunung-Semeru


Gunung semeru termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman nasional ini membentang dari kawasan Kabupaten Pasuruan-Kabupaten Malang-Kabupaten Lumajang-Kabupaten Probolinggo sepanjang 20-30 kilometer dari barat ke timur, dan 40 km dari utara ke selatan dengan luas mencapai 5.276,3 ha.


Pendakian Gunung Semeru

Gunung-Semeru

Orang yang pertama mendaki gunung semeru yaitu Clignet pada tahun 1838. Ia berkewarganegaraan Belanda dan mendaki gunung semeru melewati jalu barat daya, melewati widodaren. Akan tetapi sejak masa kemerdekaan, pendakian gunung semeru lebih banyak dilakukan melewati lereng bagian utara, melewati jalur Ranu Pani dan Ranu Kumbolo.


Pendakian gunung semeru dimulai dari perjalanan Tumpang menuju Ranu Pani. Dari Ranu Pani berjalan ke gapura selamat datang. Susuri jalan menyusuri lereng bukit kurang lebih selama 5 km untuk sampai di Watu Rejeng. Dari Watu Rejeng, masih diperlukan perjalanan kurang lebih sejauh 4,5 km lagi untuk mencapai Ranu Kumbolo. Perjalanan dari Ranu Pani sampai Ranu Kumbolo didominasi oleh jalur landai. Dari Ranu Kumbolo, perjalanan dilanjutkan mendaki bukit tinggi menuju Oro-Oro Ombo yang merupakan sebuah sebuah padang rumput yang luas. 

Setelah Oro-Oro Ombo terdapat hutan cemara yang dinamakan Cemoro Kandang. Dari Cemoro Kandang, perjalanan dilanjutkan ke Pos Kalimati. Di pos ini, anda dapat mendirikan tenda untuk beristirahat. Jika merasa sudah cukup beristirahat, lanjutkanlah perjalanan menuju Arcopodo. Tinggalkanlah barang bawaan anda di pos Kalimati atau Arcopodo karena trek selanjutnya yang harus dilewati berupa trek pasir yang mudah longsor. Dari Aarcopodo, membutuhkan perjalanan kurang lebih selama 3-4 jam untuk menuju Mahameru, puncak Gunung Semeru.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 12.30